Sabtu, 22 Oktober 2011

KERAJAAN HINDU DAN BUDDHA DI INDONESIA


A.    KERAJAAN HINDU DI INDONESIA
1.      KERAJAAN KUTAI
Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu  tertua di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada tahun 400 Masehi. Raja pertamanya adalah Kudungga, kemudian digantikan Aswawarman. Raja terkenal dari Kutai adalah Mulawarman. Mulawarman memuja Dewa Syiwa, maka ia beragama Hindu. Peninggalan Kerajaan Kutai adalah Prasasti Kutai yang terpahat pada tiang batu yang disebut yupa yang ditemukan di aliran Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Prasati tersebut ditulis dengan huruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Prasasti tersebut menceritakan tentang Raja Mulawarman yang baik budi. Pada masa pemerintahannya rakyat hidup sejahtera dan makmur. Prasasti ini dibuat untuk memperingati Raja Mulawarman yang  telah menghadiahkan 20.000 ekor sapi pada Brahmana. Selain itu, peninggalan sejarah dari Kutai yang lain adalah arca-arca yang terbuat dari perunggu dan emas.

2.      KERAJAAN TARUMANEGARA
Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Hindu tertua di Jawa. Letaknya di Bogor, Jawa Barat. Berdiri pada tahun 450 Masehi. Rajanya yang terkenal bernama Purnawarman. Purnawarman memuja Dewa Wisnu, maka ia menganut agama Hindu.
Peninggalan sejarah berupa tujuh prasasti yang ditulis dalam bahasa Sanskerta menggunakan huruf Pallawa, di antaranya Prasasti Ciaruteun (terdapat jejak telapak kaki Purnawarman), Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Tugu, Prasasti Pasir Awi, dan Prasasti Lebak. Peninggalan sejarah yang lain adalah irigasi dari Sungai Gomati, arca Wisnu Cibuaya I dan II, dan arca Rajarsi.
Mata pencaharian sebagian besar penduduk adalah sebagai petani, peternak, nelayan, dan pedagang. Raja Purnawarman berhasil membuat saluran air untuk mengairi lahan pertanian dan mencegah banjir.

3.      KERAJAAN MATARAM HINDU
Kerajaan Mataram terletak di daerah Yogyakarta. Raja yang pertama adalah Raja Sanna, kemudian digantikan oleh Raja Sanjaya. Kerajaan ini dikenal dari sebuah prasasti di desa Canggal, barat Magelang. Prasasti ini tertulis tahun 732 Masehi. Ditulis dengan huruf Pallawa dan dalam bahasa Sanskerta. Prasasti ini menceritakan tentang didirikannya sebuah lingga Syiwa di atas sebuah bukit di Kuncarakunja oleh Raja Sanjaya. Wilayah kekuasaannya mencapai pulau Jawa dan Bali.
4.      KERAJAAN MEDANG
Kerajaan Medang, Adalah Nama Sebuah Kerajaan Yang Pernah Berkuasa Di Jawa Timur, Pada Tahun 929-1006 Masehi. Kerajaan Ini Tidak Lain Merupakan Kelanjutan Wangsa Sanjaya (Kerajaan Mataram Kuno), Yang Memindahkan Pusat Kerajaannya Dari Jawa Tengah Ke Jawa Timur. Mpu Sendok Adalah Pendiri Kerajaan Medang Ini, Sekaligus Pendiri Wangsa Isyana, Yang Menurunkan Raja-Raja Medang.
Diduga Akibat Terjadinya Letusan Gunung Merapi, Raja Mataram Kuno Mpu Sendok Pada Tahun 929 Memindahkan Pusat Kerajaan Mataram Dari Jawa Tengah Pindah Ke Jawa Timur. Menurut Catatan Sejarah, Tempat Baru Yang Dijadikan Pusat Kerajaan Baru Tersebut Adalah Watugaluh, Terletak Di Tepi Sungai Brantas, Sekarang Kira-Kira Adalah Wilayah Kabupaten Jombang (Jawa Timur). Kerajaan Baru Ini Tidak Lagi Disebut Mataram, Namun Diganti Menjadi Kerajaan Medang, Namun Didalam Beberapa Literatur Kuno Masih Menyebutnya Mataram.

Sejak Rakai Pikatan Menyebabkan Balaputeradewa Hijrah Ke Sriwijaya, Terjadi Permusuhan Yang Mendalam Dan Berlangsung Berabad Abad, Antara Penerus Kerajaan Jawa (Mataram Hindu) Dengan Pewaris Takhta Kerajaan Melayu (Sriwijaya). Raja Terakhir Kerajaan Mataram Hindu, Adalah Raja WAWA, Ia Memberikan Mandat Dan Kekuasaan Penuh Pada Menantunya, Yaitu Mpu Sendok, Untuk Memimpin Kerajaan Mataram Hindu Dalam Keadaan Darurat Perang Untuk Melawan Kerajaan Sriwijaya. Maka Di Sekitar Tahun 929 M Di Desa Candirejo, Mpu Sendok Memimpin Perang Gerilya Melakukan Perlawanan Terhadap Kerajaan Sriwijawa Dan Terjadi Pertempuran Hebat Antara Prajurit Empu Sendok Melawan Bala Tentara Kerajaan Melayu (Sriwijaya). Empu Sendok Memperoleh Kemenangan Dalam Pertempuran Itu. Kemudian Empu Sendok Dinobatkan Menjadi Raja Bergelar SRI MAHARAJA MPU SENDOK SRI ISHANA WIKRAMA DHARMA TUNGGA DEWA. Untuk Menghindari Serangan Sriwijaya Berikutnya, Mpu Sindok Memindahkan Pusat Kerajaan Lebih Ke Timur.

Untuk Mengenang Kemenangan Yang Terjadi Dalam Pertempuran Ini, Dibangunlah Sebuah Tugu Bernama JAYA STAMBA Dan SEBUAH CANDI Atau Jaya Merta. Terhadap Masyarakat Desa Karena Jasa-Jasanya Dalam Membantu Pertempuran, Oleh Empu Sendok Diberi Hadiah Sebagai Desa Perdikan Atau Desa Bebas Pajak Dengan Status Anjuk Ladang Pada Sekitar Tahun 937 M.
Kerajaan Melayu (Sriwijaya) Sejak Abad Ke 8 Selalu Berusaha Menjadikan Kerajaan-Kerajaan Di Pulau Jawa Sebagai Daerah Taklukannya. Usaha Tersebut Terus Berlangsung Hingga Raja Medang Terakhir, Dharmawangsa. Aliansi Kerajaan Melayu (Sriwijaya) Di Pulau Jawa Pada Saat Itu Adalah Raja Sri Jayabupati Dan Raja Wurawuri.

Raja-raja Medang aetelah itu adalah:
1.      Mpu Sindok (929-947)
2.      Sri Isyana Tunggawijaya (947)
3.      Sri Makutawangsawardhana (985)
4.      Dharmawangsa Teguh (985-1006)

Raja Makutawangsawardhana Dikenal Dengan Julukan Matahari Wangsa Isyana. Puterinya, Mahendradatta, Menikah Dengan Udayana, Raja Kerajaan Bali (Wangsa Warmadewa), Yang Kemudian Memiliki Putera Bernama Airlangga. Selama Beberapa Periode, Bali Mendapat Pengaruh Kuat Atas Jawa.

Raja Terakhir Medang Adalah Dharmawangsa Teguh (985-1006). Dharmawangsa Dikenal Sebagai Patron Penerjemahan Kitab Mahabharata Ke Dalam Bahasa Jawa Kuno. Pada Masa Ini Pula, Carita Parahyangan Ditulis Dalam Bahasa Sunda, Yang Menceritakan Kerajaan Sunda Dan Galuh. Dharmawangsa Mengadakan Sejumlah Penaklukan, Termasuk Bali Dan Mendirikan Koloni Di Kalimantan Barat. Tahun 990, Dharmawangsa Mengadakan Serangan Ke Sriwijaya Dan Mencoba Merebut Palembang, Namun Serangan Ini Mengalami Kegagalan.

Runtuhnya Medang Sendiri Disebabkan Ketika Pada Tahun 1006, Sriwijaya Melakukan Pembalasan, Yakni Menyerang Dan Menghancurkan Istana Watugaluh. Dharmawangsa Terbunuh, Dan Beberapa Pemberontakan Mengikutinya Dalam Beberapa Tahun Ke Depan. Airlangga, Putera Mahendradatta Yang Masih Berusia 16 Tahun, Berhasil Melarikan Diri Dan Kelak Akan Menjadi Raja Pertama Kerajaan Kahuripan, Sebagai Penerus Mataram Kuno Dan Medang

5.      KERAJAAN KAHURIPAN
Pada Tahun 1006 Raja Wurawari Dari Kerajaan Lwaram (Kerajaan Lwaram Adalah Sekutu Kerajaan Sriwijaya) Menyerang Watan, Yang Adalah Ibu Kota Kerajaan Medang, Yang Kala Itu Tengah Mengadakan Pesta Pernikahan. Serangan Raja Wurawuri Ini Menyebabkan Tewasnya Dharmawangsa Teguh, Sedangkan Keponakannya Yang Bernama Airlangga Berhasil Meloloskan Diri Dalam Serangan Itu. Airlangga Adalah Putera Pasangan Mahendradatta (Saudari Dharmawangsa Teguh) Dan Udayana Raja Bali. Airlangga Meloloskan Diri Dengan Ditemani Oleh Pembantunya Yang Bernama Narotama. Dalam Pelarian Itu Airlangga Akhirnya Menjalani Kehidupan Sebagai Pertapa Di Hutan Pegunungan (Wanagiri).

Pada Tahun 1009, Datanglah Para Utusan Rakyat Medang Yang Meminta Agar Airlangga Membangun Kembali Kerajaan Medang. Karena Kota Watan Sudah Hancur, Maka Airlangga Kemudian Membangun Ibu Kota Baru Bernama Watan Mas Di Dareah Sekitar Gunung Penanggungan. Pada Mulanya Wilayah Kerajaan Yang Diperintah Oleh Airlangga Hanya Meliputi Daerah Gunung Penanggungan Dan Sekitarnya, Karena Banyak Daerah-Daerah Bawahan Kerajaan Medang Yang Membebaskan Diri. Hal Ini Baru Berubah Setelah Kerajaan Sriwijaya Dikalahkan Rajendra Coladewa Raja Colamandala Di India Tahun 1023. Hal Ini Menyebabkan Airlangga Merasa Leluasa Membangun Kembali Kejayaan Wangsa Isyana. Hal Pertama Yang Dilakukan Airlangga Adalah Menyusun Kekuatan Untuk Menegakkan Kembali Kekuasaan Wangsa Isyana Atas Pulau Jawa.

Yang Pertama Dikalahkan Oleh Airlangga Waktu Itu Adalah Raja Hasin. Pada Tahun 1030 Airlangga Mengalahkan Wisnuprabhawa Raja Wuratan, Wijayawarma Raja Wengker, Kemudian Panuda Raja Lewa. Pada Tahun 1031 Putra Panuda Mencoba Membalas Dendam Namun Dapat Dikalahkan Oleh Airlangga. Ibu Kota Kerajaan Lewa Akhirnya Dihancurkan Pula Oleh Airlangga.

Pada Tahun 1032 Seorang Raja Wanita Dari Daerah Tulungagung Sekarang Berhasil Mengalahkan Airlangga. Istana Watan Mas Dihancurkannya. Airlangga Terpaksa Melarikan Diri Ke Desa Patakan Ditemani Mapanji Tumanggala. Airlangga Kemudian Membangun Ibu Kota Baru Di Kahuripan. Raja Wanita Dapat Dikalahkannya. Dalam Tahun 1032 Itu Pula Airlangga Dan Mpu Narotama Mengalahkan Raja Wurawari, Membalaskan Dendam Wangsa Isyana. Pada Tahun 1035 Airlangga Berhasil Menumpas Pemberontakan Wijayawarma Raja Wengker Yang Pernah Ditaklukannya Dulu. Wijayawarma Melarikan Diri Dari Kota Tapa Namun Kemudian Mati Dibunuh Rakyatnya Sendiri.

Nama Kahuripan Inilah Yang Kemudian Lazim Dipakai Sebagai Nama Kerajaan Yang Dipimpin Airlangga.Pusat Kerajaan Airlangga Kemudian Dipindah Lagi Ke Daha, Berdasarkan Prasasti Pamwatan, 1042 Dan Serat Calon Arang. Dalam Calon Arang Ini Diceritakan Adalah Dukun Perempuan Sakti Yang Sempat Membikin Onar Dengan Melakukan Teluh Yang Menciptakan Wabah Penyakit ... Banyak Warga Kahuripan Yang Tewas Karena Teluhnya. Dalam Penceriteraan, Teluh Ini Berhasil Dilenyapkan Setelah Airlangga Meminta Tolong Kepada Mpu Bharadah Yang Kemudian Membasmi Calon Arang Beserta Murid-Muridnya.

Setelah Keadaan Aman, Airlangga Mengadakan Pembangunan-Pembangunan Didalam Wilayah Kerajaannya. Pembangunan Yang Dicatat Dalam Prasasti-Prasasti Peninggalannya Antara Lain :

- Membangun Sri Wijaya Asrama Tahun 1036.

- Membangun Bendungan Waringin Sapta Tahun 1037 Untuk Mencegah Banjir Musiman.

- Memperbaiki Pelabuhan Hujung Galuh, Yang Letaknya Di Muara Kali Brantas, Dekat Surabaya Sekarang.

- Membangun Jalan-Jalan Yang Menghubungkan Daerah Pesisir Ke Pusat Kerajaan.

- Meresmikan Pertapaan Gunung Pucangan Tahun 1041.

- Memindahkan Ibu Kota Dari Kahuripan Ke Daha, Berdasarkan Prasasti Pamwatan, 1042 Dan Serat Calon Arang.

Pada Akhir Pemerintahannya, Airlangga Berhadapan Dengan Masalah Persaingan Perebutan Takhta Antara Kedua Putranya. Calon Raja Yang Sebenarnya, Anak Pertamanya Yaitu Sanggramawijaya Tunggadewi (Dewi Kilisuci), Memilih Menjadi Pertapa Dari Pada Naik Takhta.

Airlangga Juga Putra Sulung Raja Bali, Maka Ia Pun Berniat Menempatkan Salah Satu Putranya Di Pulau Itu. Akhirnya Airlangga Meminta Mpu Bharada Ke Bali Untuk Menyampaikan Maksud Tersebut. Dalam Perjalanan Menyeberang Laut, Dengan Kesaktiannya Mpu Bharada Menumpang Sehelai Daun. Sesampainya Di Bali Permintaan Airlangga Yang Disampaikan Mpu Bharada Ditolak Oleh Mpu Kuturan, Yang Berniat Mengangkat Cucunya Sebagai Raja Bali. Raja Bali Saat Itu Adalah Anak Wungsu, Adik Ketiga Airlangga Sendiri.

Pada Akhir Tahun 1042, Airlangga Terpaksa Membagi Kerajaan Kahuripan Menjadi Dua, Yaitu Bagian Barat Bernama Kediri Dengan Ibu Kota Di Daha, Diserahkan Kepada Sri Samarawijaya, Serta Bagian Timur Bernama Janggala Beribu Kota Kahuripan, Diserahkan Kepada Mapanji Garasakan. Dalam Negarakertagama, Pembagian Wilayah Ini Dilakukan Oleh Mpu Bharadah, Tokoh Sakti Yang Tidak Lain Adalah Guru Airlangga. Empu Bharada Menyanggupinya Dan Melaksanakan Titah Tersebut Dengan Cara Menuangkan Air Kendi Dari Ketinggian. Air Tersebut Konon Berubah Menjadi Sungai Yang Memisahkan Kerajaan Panjalu (Kediri) Dan Kerajaan Jenggala. Letak Dan Nama Sungai Ini Belum Diketahui Dengan Pasti Sampai Sekarang, Tetapi Beberapa Ahli Sejarah Berpendapat Bahwa Sungai Tersebut Adalah Sungai Lekso (Masyarakat Sekitar Menyebutnya Kali Lekso). Pendapat Tersebut Didasarkan Atas Dasar Etimologis Mengenai Nama Sungai Yang Disebutkan Dalam Kitab Pararaton.

Tidak Diketahui Secara Pasti Kapan Airlangga Meninggal. Prasasti Sumengka (1059) Peninggalan Kerajaan Janggala Hanya Menyebutkan, Resi Aji Paduka Mpungku Dimakamkan Di Tirtha Atau Pemandian. Kolam Pemandian Yang Paling Sesuai Dengan Berita Prasasti Sumengka Adalah Candi Belahan Di Lereng Gunung Penanggungan. Pada Kolam Tersebut Ditemukan Arca Wisnu Disertai Dua Dewi. Berdasarkan Prasasti Pucangan (1041) Diketahui Airlangga Adalah Penganut Hindu Wisnu Yang Taat. Maka, Ketiga Patung Tersebut Dapat Diperkirakan Sebagai Lambang Airlangga Dengan Dua Istrinya, Yaitu Ibu Sri Samarawijaya Dan Ibu Mapanji Garasakan.

6.      KERAJAAN KEDIRI
Kerajaan Kediri terletak di tepi sungai Brantas, Jawa Timur, beribu kota di Daha. Raja yang pernah memerintah Kerajaan Kediri adalah Bameswara, Jayabaya, Sarweswara, Aryyeswara, Gandra, Kameswara, dan Kertajaya. Raja Bameswara memerintah tahun 1115 – 1130. Ia dikenal sebagai Raden Panji Asmarabangun dan permaisurinya Sri Kiranavatu atau Dewi Candra Kirana. Ia menetapkan lambang  kerajaan berupa Candrakapala (tengkorak bertaring). Kisah perjalanan hidup tersebut ditulis oleh Mpu Darmaja dalam kitab Smaradahana.
Kediri mencapai puncak kejayaan pada masa Jayabaya yang terkenal dengan ramalannya. Karya sastra dan pujangga yang terkenal adalah Mpu Sedah dan Mpu Panuluh dengan Kitab Bharatayuda, Kitab Hariwangsa, dan Kitab Gatutkacasraya.
Peninggalan sejarah Kerajaan Kediri, antara lain Prasasti Pandeglang, Prasasti Penumbangan, Prasasti Hantang, Prasasti Talan, Prasasti Jepun, Prasasti Kahyunan, Prasasti Weleri, Prasasti Angin, dan Prasasti Semanding. Selain itu juga ada Kitab Smaradahana, Bharatayudha, Hariwangsa, Gatotkacasraya, dan Sumanasantaka.
Raja Kediri yang terakhir adalah Kertajaya yang memerintah sampai tahun 1222 Masehi. Kertajaya dikalahkan oleh Raja Ken Arok, yang menandai berakhirnya kekuasaan Kediri.
7.      KERAJAAN SINGASARI
Kerajaan Singasari adalah kerajaab hindu yang terletak di Tumapel, Malang, Jawa Timur. Didirikan oleh Ken Arok tahun 1222 setelah mengalahkan Raja Kertajaya Kediri. Ken Arok dinobatkan Brahmana sebagai penjelmaan Dewa Wisnu yang menunjukkan Singasari adalah kerajaan Hindu. Kisah Ken Arok tertulis di dalam Kitab Pararaton. Ken Arok memerintah sampai tahun 1227. Raja-raja yang pernah berkuasa antara lain:
1.      Sri Rajasa Sang Amurwahbumi (Ken Arok)
2.      Anusapati (1227 – 1248 M), Tohjaya (1248 M)
3.      Ranggawuni (1248 – 1268 M)
4.      Kertanegara (1268 – 1292 M).

Singasari mencapai puncak kejayaan pada masa Kertanegara. Ia pernah mengirimkan tentara ke Melayu dalam usaha memperluas wilayah. Wilayah kekuasaannya mencapai Pahang, Melayu, Kalimantan Barat, Maluku, dan Bali. Pengiriman tentara ini dikenal dengan istilah Ekspedisi Pamalayu.

Pada masa pemerintahannya, Raja Kubilai Khan dari Cina pernah menyerang Kerajaan Singasari. Kertanegara tewas dalam serangan Jayakatwang dari Kediri.
Peninggalan sejarah Kerajaan Singasari antara lain Candi Singasari (makam Kertanegara), Candi Kidal (makam Anusapati), Candi Jago, Candi Kangenan (makam Ken Arok), dan Candi Katang Lumbang (makam Tohjaya).
8.      KERAJAAN MAJAPAHIT
Kerajaan Majapahit terletak di selatan Sungai Brantas yang berpusat di Trowulan, Mojokerto. Didirikan oleh Raden Wijaya tahun 1294, yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana. Raden Wijaya adalah keturunan dari Kertanegara yang dibunuh oleh Jayakatwang. Atas bantuan Wiraraja dari Madura, ia dipercaya Jayakatwang dan dihadiahi tanah di Hutan Tarik, kemudian diberi nama Majapahit. Kertarajasa memerintah dengan bijaksana sampai wafatnya tahun 1309 M, kemudian digantikan oleh Jayanegara. Semasa pemerintahan Jayanegara, keadaan menjadi kacau dan sering terjadi pemberontakan, seperti pemberontakan Ranggalawe (1309), pemberontakan Sora (1311), pemberontakan Nambi (1316), dan pemberontakan Kuti (1319). Pada tahun 1328, Jayanegara wafat dan digantikan oleh adiknya yaitu Bhre Kahuripan atau dikenal dengan gelar Tribhuwana Tunggadewi Jayawisnuwardhani. Pada tahun 1350, beliau turun tahta dan digantikan oleh putranya yaitu Hayam Wuruk. Puncak kejayaan Kerajaan Majapahit adalah semasa Raja Hayam Wuruk dan patihnya Gajah Mada. Hayam Wuruk artinya ayam muda, karena naik tahta pada waktu usianya masih muda (umur 16 tahun) dan bergelar Rajasanegara. Cita-cita Gajah Mada ingin mempersatukan wilayah Nusantara diucapkan dalam Sumpah Amukti Palapa.

Gajahmada seorang ahli hukum, dia menyusun Kitab Kutara Manawa, yang berisi tentang tata pemerintahan dan perang. Gajah Mada wafat tahun 1364 M dan Hayam Wuruk wafat pada tahun 1389 M.

Kerajaan Majapahit mendapat sebutan sebagai kerajaan maritim dan agraris.
Selain itu, disebut sebagai Kerajaan Nusantara. Wilayah Kerajaan Majapahit meliputi Nusantara ditambah Tumasik (Singapura) dan Semenanjung Melayu. Kehancuran Kerajaan Majapahit disebabkan oleh adanya perang Paregreg (perang saudara).
Peninggalan sejarah Majapahit berupa karya sastra dan candi. Karya sastra yang dihasilkannya, di antaranya Kitab Negarakertagama (Mpu Prapanca), Kitab Arjunawiwaha (Mpu Kanwa), Kitab Sutasoma (Mpu Tantular). Adapun Candi yang ditinggalkan antara lain Candi Panataran (Blitar), Candi Sumberjati, Candi Sawentar, Candi Tikus di Trowulan, Candi Jabung, Candi Tigawangi, dan Candi Surawana (Kediri).
9.      KERAJAAN PAJAJARAN
Kerajaan pajajaran merupakan salah satu negara Hindu yang terdapat di Indonesia pada tahun 600 hingga 1500 M. Kerajaan ini sendiri berpusat di wilayah Jawa Barat, tepatnya di daerah Pakuan, Bogor. Oleh karenanya kerajaan ini juga sering disebut sebagai kerajaan Pakuan Pajajaran, karena beribukota di Pakuan.

Dalam sejarah, kerajaan Pajajaran didirikan pada tahun 923 M oleh Sri Jayabhupati. Proses pendirian kerajaan dan sejarah Pajajaran ini, diketahui dalam tulisan yang terdapat dalam sebuah prasasti Sanghyang Tapak.

Salah satu peninggalan kerajaan Pajajaran yang masih bisa kita lihat hingga saat ini adalah kebun raya Bogor. Dalam sejarah, lokasi ini pada jaman dulu adalah bagian dari wilayah kekuasaan Pajajaran. Wilayah tersebut, pada jaman kerajaan digunakan sebagai hutan perburuan oleh keluarga kerajaan.

Selain itu, peninggalan kerajaan Pajajaran lain yang masih bisa ditemui adalah adanya Tugu Portugis. Tugu ini terletak di Kampung Tugu Jakarta. Adanya peninggalan ini, merupakan salah satu penunjuk wilayah kekuasaan kerajaan Pajajaran tersebut. Sedangkan untuk prasasti, ada tiga prasasti yang diyakini merupakan peninggalan kerajaan Pajajaran. Ketiganya yaitu Prasasti Batu Tulis, Prasasti Batu Tapak dan Prasasti Kawali.

Selama pemerintahan Kerajaan Pajajaran pernah dipimpin oleh enam raja. Mereka adalah Sri Baduga Maharaja (1482-1521), Surawisesa (1521-1535),  ratu Dewata (1535-1543), Ratu Sakti (1543-1551) dan Ratu Nilakendra (1551-1567). Mereka semua memerintah Kerajaan Pajajaran di daerah Pakuan, dan Ratu Nilakendra adalah raja terakhir yang meninggalkan wilayah Pakuan. Sebab, pada saat itu Kerajaan Pajajaran diserang oleh Sultan Hasanuddin.

Setelah jatuhnya pemerintahan di Pakuan,kerajaan Pajajaran mengalihkan pusat kekuasaannya di wilayah Pandeglang. Di Pandeglang, Pajajaran dipimpin oleh seorang raja bernama Raga Mulya. Dan Raga Mulya ini merupakan raja terakhir di kerajaan Pajajaran yang memerintah pada tahun 1567-1579) dan dikenal juga sebagai Prabu Surya Kencana.

Hancurnya Kerajaan Pajajaran
Kerajaan Pajajaran mengalami kehancuran, ketika pada tahun 1579, Kesultanan Banten pimpinan Maulana Yusuf. Pajajaran dianggap hancur, setelah singgasana kerajaan pajajaran yang disebut Palangka Sriman Sriwacana, berhasil direbut oleh pasukan Banten dan diboyong ke Keraton Surosowan, Banten.
Singgasana tersebut merupakan sebuah batu yang berukuran 200x160x20 cm. Dengan hilangnya singgasana kerajaan, menjadikan proses penobatan raja Pajajaran menjadi terhenti. Dan pada saat ini bekas singgasana kerajaan Pajajaran tersebut masih bisa ditemukan di depan bekas Keraton Surosowan.
Masyarakat lebih banyak mengenal bekas singgasana tersebut sebagai Watu Gilang. Hal ini karena baru tersebut sangatlah mengkilat. Dan banyak dari bekas punggawa kerajaan Pajajaran yang melarikan diri untuk kemudian menetap di wilayah Lebak dan mereka kini dikenal sebagai suku Badui.

10.  KERAJAAN KALINGGA
Kalingga adalah sebuah kerajaan bercorak Hindu di Jawa Tengah. Letak pusat kerajaan ini belumlah jelas, kemungkinan berada di suatu tempat antara Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Jepara sekarang. Kalingga telah ada pada abad ke-6 Masehi dan keberadaannya diketahui dari sumber-sumber Tiongkok. Kerajaan ini pernah diperintah oleh Ratu Shima, yang dikenal memiliki peraturan barang siapa yang mencuri, akan dipotong tangannya.
Putri Maharani Shima, Parwati, menikah dengan putera mahkota Kerajaan Galuh yang bernama Mandiminyak, yang kemudian menjadi raja kedua dari Kerajaan Galuh.
Maharani Shima memiliki cucu yang bernama Sanaha yang menikah dengan raja ketiga dari Kerajaan Galuh, yaitu Brantasenawa. Sanaha dan Bratasenawa memiliki anak yang bernama Sanjaya yang kelak menjadi raja Kerajaan Sunda danKerajaan Galuh (723-732 M).
Setelah Maharani Shima meninggal di tahun 732 M, Sanjaya menggantikan buyutnya dan menjadi raja Kerajaan Kalingga Utara yang kemudian disebut Bumi Mataram, dan kemudian mendirikan Dinasti/Wangsa Sanjaya di Kerajaan Mataram Kuno.
Kekuasaan di Jawa Barat diserahkannya kepada putranya dari Tejakencan, yaitu Tamperan Barmawijaya alias Rakeyan Panaraban.
Kemudian Raja Sanjaya menikahi Sudiwara puteri Dewasinga, Raja Kalingga Selatan atau Bumi Sambara, dan memiliki putra yaitu Rakai Panangkaran.
Pada abad ke-5 muncul Kerajaan Ho-ling (atau Kalingga) yang diperkirakan terletak di utara Jawa Tengah. Keterangan tentang Kerajaan Ho-ling didapat dari Prasasti dan catatan dari negeri Cina. Pada tahun 752, Kerajaan Ho-ling menjadi wilayah taklukan Sriwijaya dikarenakan kerajaan ini menjadi bagian jaringan perdagangan Hindu, bersama Malayu dan Tarumanagara yang sebelumnya telah ditaklukan Sriwijaya. Ketiga kerajaan tersebut menjadi pesaing kuat jaringan perdagangan Sriwijaya-Buddha.

B.     KERAJAAN BUDDHA DI INDONESIA
1.      KERAJAAN SRIWIJAYA
Dalam bahasa Sansekertasri berarti “bercahaya” danwijaya berarti “kemenangan”. Bukti awal mengenai keberadaan kerajaan ini berasal dari abad ke-7; seorang pendeta Tiongkok I-tsing menulis bahwa ia mengunjungi Sriwijaya tahun 671 dan tinggal selama 6 bulan. Prasasti paling tua mengenai Sriwijaya juga berada pada abad ke-7 yaitu Prasasti Kedukan Bukit di Palembang bertarikh 682.
Sriwijaya (Srivijaya) adl kerajaan maritim yg kuat di pulau Sumatera dan berpengaruh di Nusantara daerah kekuasaan Sriwijaya meliputi Kamboja Thailand Semenanjung Malaya Sumatera Jawa Kalimantan dan Sulawesi.
Kemunduran pengaruh Sriwijaya terhadap daerah bawahan mulai menyusut dikarenakan beberapa peperangandiantara serangan dari raja Dharmawangsa dari Jawa ditahun 990 dan tahun 1025 serangan Rajendra Coladewa dari Koromandel selanjut tahun 1183 Sriwijaya dibawah kendali kerajaan Dharmasraya. Dan di akhir masa kerajaan ini takluk di bawahkerajaan Majapahit.
Sriwijaya menjadi simbol kebesaran Sumatera awal dan kerajaan besar Nusantara selain Majapahit di Jawa Timur. Pada abad ke-20 kedua kerajaan tersebut menjadi referensi olehkaum nasionalis utk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan satu kesatuan negara sebelelum kolonialisme Belanda.
Sriwijaya disebut dgn berbagai macam nama. Orang Tionghoa menyebut Shih-li-fo-shih atau San-fo-ts’i atau San Fo Qi. Dalam bahasa Sansekerta dan Pali kerajaan Sriwijaya disebut Yavadesh dan Javadeh. Bangsa Arab menyebut Zabaj dan Khmer menyebut Malayu.Sementara dari peta Ptolemaeus ditemukan keterangan tentang ada 3 pulau Sabadeibei yg berkaitan dgn Sriwijaya.
Eksistensi Sriwijaya diketahui secara resmi tahun 1918 oleh sejarawan Perancis George Cœdès dari École française d’Extrême-Orient. Sekitar tahun 1992 hingga 1993 Pierre-Yves Manguin membuktikan bahwa pusat Sriwijaya berada di Sungai Musi antara Bukit Seguntang dan Sabokingking (terletak di provinsi Sumatra Selatan Indonesia). Namun Soekmono berpendapat bahwa pusat Sriwijaya terletak di provinsi Jambi sekarang yaitu pada kawasan sehiliran Batang Hari antara Muara Sabak sampai ke Muara Tembesi.

Pembentukan dan Pertumbuhan Kerajaaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perdagangan dan merupakan negara maritim. Negara ini tak memperluas kekuasaan diluar wilayah kepulauan Asia Tenggara dgn pengecualian berkontribusi utk populasi Madagaskar sejauh 3.300 mil di barat. Sekitar tahun 500 akar Sriwijaya mulai berkembang di wilayah sekitar Palembang Sumatera. Kerajaan ini terdiri atas tiga zona utama daerah ibukota muara yg berpusatkan Palembang lembah Sungai Musi yg berfungsi sebagai daerah pendukung dan daerah-daerah muara saingan yg mampu menjadi pusat kekuasan saingan. Wilayah hulu sungai Musi kaya akan berbagai komoditas yg berharga utk pedagang Tiongkok Ibukota diperintah secara langsung oleh penguasa sementara daerah pendukung tetap diperintah oleh datu setempat.
Ekspansi kerajaan ini ke Jawa dan Semenanjung Malaya menjadikan Sriwijaya mengontrol dua pusat perdagangan utama di Asia Tenggara. Berdasarkan observasi ditemukan reruntuhan candi-candi Sriwijaya di Thailand dan Kamboja. Di abad ke-7 pelabuhan Cham di sebelah timur Indochina mulai mengalihkan banyak pedagang dari Sriwijaya. Untuk mencegah hal tersebut Maharaja Dharmasetu melancarkan beberapa serangan ke kota-kota pantai di Indochina. Kota Indrapura di tepi sungai Mekong di awal abad ke-8 berada di bawah kendali Sriwijaya. Sriwijaya meneruskan dominasi atas Kamboja sampai raja Khmer Jayawarman II pendiri imperium Khmer memutuskan hubungan dgn kerajaan di abad yg sama.
DariPrasasti Kedukan Bukit pada tahun 682 di bawah kepemimpinan Dapunta Hyang Jayanasa Kerajaan Minanga takluk di bawah imperium Sriwijaya. Penguasaan atas Malayu yg kaya emas telah meningkatkan prestise kerajaan.
BerdasarkanPrasasti Kota Kapur yg yg berangka tahun 682 dan ditemukan di pulau Bangka Pada akhir abad ke-7 kemaharajaan ini telah menguasai bagian selatan Sumatera pulau Bangka dan Belitung hingga Lampung. Prasasti ini juga menyebutkan bahwa Jayanasa telah melancarkan ekspedisi militer utk menghukum Bhumi Jawa yg tak berbakti kepada Sriwijaya peristiwa ini bersamaan dgn runtuh Tarumanagara di Jawa Barat dan Holing (Kalingga) di Jawa Tengah yg kemungkinan besar akibat serangan Sriwijaya. Sriwijaya tumbuh dan berhasil mengendalikan jalur perdagangan maritim di Selat Malaka Selat Sunda Laut China Selatan Laut Jawa dan Selat Karimata.
Abad ke-7 orang Tionghoa mencatat bahwa terdapat dua kerajaan di Sumatera yaitu Malayu dan Kedah dan tiga kerajaan di Jawa menjadi bagian kemaharajaan Sriwijaya. Di akhir abad ke-8 beberapa kerajaan di Jawa antara lain Tarumanegara dan Holing berada di bawah kekuasaan Sriwijaya. Menurut catatan pada masa ini pula wangsa Melayu-Budha Sailendra bermigrasi ke Jawa Tengah dan berkuasa disana. Di abad ini pula Langkasuka di semenanjung Melayu menjadi bagian kerajaan. Di masa berikut Pan Pan dan Trambralinga yg terletak di sebelah utara Langkasuka juga berada di bawah pengaruh Sriwijaya. Di abad ke-9 wilayah kemaharajaan Sriwijaya meliputi Sumatera Sri Lanka Semenanjung Malaya Jawa Barat Sulawesi Maluku Kalimantan dan Filipina. Dengan penguasaan tersebut kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan maritim yg hebat hingga abad ke-13.
Setelah Dharmasetu Samaratungga menjadi penerus kerajaan. Ia berkuasa pada periode 792 sampai 835. Tidak seperti Dharmasetu yg ekspansionis Samaratungga tak melakukan ekspansi militer tetapi lbh memilih utk memperkuat penguasaan Sriwijaya di Jawa. Selama masa kepemimpinan ia membangun candi Borobudur di Jawa Tengah yg selesai pada tahun 825.

Budha Vajrayana di Kerajaan Sriwijaya

Sebagaipusat pengajaran Budha Vajrayana Sriwijaya menarik banyak peziarah dan sarjana dari negara-negara di Asia. Antara lain pendeta dari Tiongkok I-tsing yg melakukan kunjungan ke Sumatera dalam perjalanan studi di Universitas Nalanda India pada tahun 671 dan 695 serta di abad ke-11 Atisha seorang sarjana Budha asal Benggala yg berperan dalam mengembangkan Budha Vajrayana di Tibet. I-tsing melaporkan bahwa Sriwijaya menjadi rumah bagi ribuan sarjana Budha sehingga menjadi pusat pembelajaran agama Buddha. Pengunjung yg datang ke pulau ini menyebutkan bahwa koin emas telah digunakan di pesisir kerajaan. Ajaran Buddha aliran Buddha Hinayana dan Buddha Mahayana juga turut berkembang di Sriwijaya.

Relasi Kerajaan Sriwijaya dgn Kekuatan Regional

Dari catatan sejarah danbukti arkeologi dinyatakan bahwa pada abad ke-9 Sriwijaya telah melakukan kolonisasi di hampir seluruh kerajaan-kerajaan Asia Tenggara antara lain Sumatera Jawa Semenanjung Malaya Kamboja dan Vietnam Selatan . Dominasi atas Selat Malaka dan Selat Sunda menjadikan Sriwijaya sebagai pengendali rute perdagangan rempah dan perdagangan lokal yg mengenakan biaya atas tiap kapal yg lewat. Sriwijaya mengakumulasi kekayaan sebagai pelabuhan dan gudang perdagangan yg melayani pasar Tiongkok dan India.
Pada masa awalKerajaan Khmer juga menjadi daerah jajahan Sriwijaya. Banyak sejarawan mengklaim bahwa Chaiya di propinsi Surat Thani Thailand Selatan sebagai ibu kota terakhir kerajaan tersebut pengaruh Sriwijaya nampak pada bangunan pagoda Borom That yg bergaya Sriwijaya. Setelah kejatuhan Sriwijaya Chaiya terbagi menjadi tiga kota yakni (Mueang) Chaiya Thatong (Kanchanadit) dan Khirirat Nikhom.
Sriwijaya juga berhubungan dekat dgn kerajaan Pala di Benggala dan sebuah prasasti berangka 860 mencatat bahwa raja Balaputra mendedikasikan seorang biara kepada Universitas Nalada Pala. Relasi dgn dinasti Chola di India selatan cukup baik dan kemudian menjadi buruk setelah Rajendra Coladewa naik tahta dan melakukan penyerangan di abad ke-11.
Minanga merupakan kekuatan pertama yg menjadi pesaing Sriwijaya yg akhir dapat ditaklukkan pada abad ke-7. Kerajaan Melayu ini memiliki pertambangan emas sebagai sumber ekonomi dan kata Swarnnadwipa (pulau emas) mungkin merujuk pada hal ini. Dan kemudian Kedah juga takluk dan menjadi daerah bawahan.

Masa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Pada paruh pertama abad ke-10 diantara kejatuhan dinasti Tang dan naik dinasti Song perdagangan dgn luar negeri cukup marak terutama Fujian kerajaan Min dan negeri kaya Guangdong kerajaan Nan Han. Tak diragukan lagi Sriwijaya mendapatkan keuntungan dari perdagangan ini. Pada tahun 903 penulis Muslim Ibnu Batutah sangat terkesan dgn kemakmuran Sriwijaya. Daerah urban kerajaan meliputi Palembang (khusus Bukit Seguntang) Muara Jambi dan Kedah. Di tahun 902 Sriwijaya mengirimkan upeti ke China. Dua tahun kemudian raja terakhir dinasti Tang menganugerahkan gelar kepada utusan Sriwijaya. Dari literatur Tiongkok utusan itu mempunyai nama Arab hal ini memberikan informasi bahwa pada masa-masa itu Sriwijaya sudah berhubungan dgn Arab yg memungkinkan Sriwijaya sudah masuk pengaruh Islam di dalam kerajaan.

Keruntuhan Kerajaan Sriwijaya

Rajendra Coladewa pada tahun 1025 raja Chola dari Koromandel India selatan menaklukkan Kedah dan merampas dari Sriwijaya. Kemudian Kerajaan Chola meneruskan penyerangan dan berhasil penaklukan Sriwijaya selama beberapa dekade berikut keseluruh imperium Sriwijaya berada dalam pengaruh Rajendra Coladewa. Meskipun demikian Rajendra Coladewa tetap memberikan peluang kepada raja-raja yg ditaklukan utk tetap berkuasa selama tetap tunduk kepadanya. Setelah invasi tersebut akhir mengakibatkan melemah hegemoni Sriwijaya dan kemudian beberapa daerah bawahan membentuk kerajaan sendiri dan kemudian muncul Kerajaan Dharmasraya sebagai kekuatan baru dan kemudian mencaplok kawasan semenanjung malaya dan sumatera termasuk Sriwijaya itu sendiri.
Istilah San-fo-tsi terutama pada tahun 1225 tak lagi identik dgn Sriwijaya melainkan telah identik dgn Dharmasraya dimana pusat pemerintahan dari San-fo-tsi telah berpindah jadi dari daftar 15 negeri bawahan San-fo-tsi tersebut merupakan daftar jajahan kerajaan Dharmasraya yg sebelum merupakan daerah bawahan dari Sriwijaya dan berbalik menguasai Sriwijaya beserta daerah jajahan lainnya.
Antara tahun 1079 - 1088 kronik Tionghoa masih mencatat bahwaSan-fo-ts’i masih mengirimkan utusan dari Jambi dan Palembang. Dalam berita Cina yg berjudul Sung Hui Yao disebutkan bahwa kerajaan San-fo-tsi pada tahun 1082 mengirim utusan dimana pada masa itu Cina di bawah pemerintahan Kaisar Yuan Fong. Duta besar tersebut menyampaikan surat dari raja Kien-pi bawahan San-fo-tsi yg merupakan surat dari putri raja yg diserahi urusan negara San-fo-tsi serta menyerahkan pula 227 tahil perhiasan rumbia dan 13 potong pakaian. Dan kemudian dilanjutkan dgn pengiriman utusan selanjut di tahun 1088.
Berdasarkan sumber Tiongkok pada buku Chu-fan-chi yg ditulis pada tahun 1178 Chou-Ju-Kua menerangkan bahwa di kepulauan Asia Tenggara terdapat dua kerajaan yg sangat kuat dan kaya yakni San-fo-ts’i dan Cho-po (Jawa). Di Jawa dia menemukan bahwa rakyat memeluk agama Budha dan Hindu sedangkan rakyat San-fo-ts’i memeluk Budha dan memiliki 15 daerah bawahan yg meliputi; Pong-fong (Pahang) Tong-ya-nong (Terengganu) Ling-ya-si-kia (Langkasuka) Kilantan (Kelantan) Fo-lo-an (muara sungai Dungun daerah Terengganu sekarang) Ji-lo-t’ing (Cherating pantai timur semenanjung malaya) Ts’ien-mai (Semawe pantai timur semenanjung malaya) Pa-t’a (Sungai Paka pantai timur semenanjung malaya) Tan-ma-ling (Tambralingga Ligor selatan Thailand) Kia-lo-hi (Grahi Chaiya sekarang selatan Thailand) Pa-lin-fong (Palembang) Kien-pi (Jambi) Sin-t’o (Sunda) Lan-wu-li (Lamuri di Aceh) and Si-lan (Kamboja).
DalamKidung Pamacangah dan Babad Arya Tabanan juga disebut ‘Arya Damar’ sebagai bupati Palembang yg berjasa membantu Gajah Mada dalam menaklukkan Bali pada tahun 1343 Prof. C.C. Berg menganggap identik dgn Adityawarman. Dan kemudian pada tahun 1347 Adityawarman memproklamirkan diri menjadi raja di Malayapura sesuai dgn manuskrip yg terdapat pada bagian belakang Arca Amoghapasa. Kemudian dari Kitab Undang-Undang Tanjung Tanah yg kemungkinan ditulis sebelum pada tahun 1377 juga terdapat kata-kata bumi palimbang.
Pada tahun 1275 Singhasari penerus kerajaan Kediri di Jawa melakukan suatu ekspedisi dalam Pararaton disebut semacam ekspansi dan menaklukan bhumi malayu yg dikenal dgn nama Ekspedisi Pamalayu yg kemudian Kertanagara raja Singhasari menghadiahkan Arca Amoghapasa kepada Srimat Tribhuwanaraja Mauli Warmadewa raja Melayu di Dharmasraya seperti yg tersebut dalam Prasasti Padang Roco. Dan selanjut pada tahun 1293 muncul Majapahit sebagai pengganti Singhasari dan setelah Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi naik tahta memberikan tanggung jawab kepada Adityawarman seorang peranakan Melayu dan Jawa utk kembali menaklukkan Swarnnabhumi pada tahun 1339. Dan dimasa itu nama Sriwijaya sudah tak ada disebut lagi tapi telah diganti dgn nama Palembang hal ini sesuai dgn Nagarakretagama yg menguraikan tentang daerah jajahan Majapahit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar